Home All Blog Ini Dia Ulos Sadum Serta Maknanya

Ini Dia Ulos Sadum Serta Maknanya

0 502

Ulos Sadum sangat identik dengan warna dasar merah serta mempunya motif bunga dan gorga yang sangat ramai. Ciri khas dari ulos sadum selalu memiliki frame atau bingkai bergaris gelap di setiap kedua sisinya.

Ulos Sadum dimaknai oleh suku Batak sebagai simbol suka cita sebagai pertanda motifasi penyemangat dalam suatu keluarga agar tetap bersuka cita melakukan segala aktifitas sehari-hari. Simbol suka cita itu kemudian diaplikasikan oleh para penenun ke motif ulos sadum.

Motif dan corak dari Ulos Sadum ini sangat banyak, misalnya Ulos Sadum Tikar, Ulos Sadum Angkola Tujuh, Ulos Sadum Angkola Lima, Ulos Sadum Lampion/ Marlampion, Ulos Sadum Hande-hande, Ulos Sadum Tarutung dan yang lainnya.

Kegunaan Ulos Sadum dibeberapa daerah berbeda-beda, seperti di daerah Tapanuli Selatan ulos sadum ini biasanya dipakai sebagai panjangki/parompa (gendongan) bagi keturunan Daulat Baginda atau Mangaraja saat balita. Ada juga untuk mengundang (marontang) raja raja, ulos ini dipakai sebagai alas sirih diatas piring besar (pinggan godang burangir/harunduk panyurduan).

Bahkan beberapa golongan tertentu di daerah Tapanuli Selatan dilarang memakai ulos ini secara sembarangan. Seiring kemajuan jaman oleh karena indahnya ulos ini sehingga didaerah lain sering dipakai sebagai ulos kenang-kenangan dan bahkan dibuat pula sebagai hiasan dinding. Ulos sadum sering pula diberi sebagai hadiah kepada pejabat atau tamu istimewa sebagai ungkapan terimakasih yang berkunjung ke daerah.

NO COMMENTS

Leave a Reply